Rabu, 04 Februari 2015

Honda Tunggu Waktu yang Tepat untuk Luncurkan Zoomer-X



Di Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2012 lalu pabrikan motor Honda memamerkan skutik Zoomer-X yang merupakan skutik crossover yang dimiliki Honda.

Sampai saat ini skutik dengan desain unik itu masih juga belum diluncurkan di Indonesia. Padahal belum lama ini salah satu pabrikan motor lain sudah melahirkan skutik off-roadnya di Indonesia. Jadi kapan Astra Honda Motor (AHM) memboyong Zoomer-X ke Tanah Air?

Head of Corporate Communication AHM Kristanto mengatakan pihaknya masih terus mempelajari dan menganalisa sampai benar-benar ditemukan jawaban yang tepat.

"Masing-masing ATPM punya strategi yang berbeda. Kalau kita (AHM) masih terus mempelajari dan menunggu waktu yang tepat untuk meluncurkan Zoomer-X di Indonesia," kata Kristanto di BSD Tangerang.

Kristanto juga menambahkan peluncurannya masih 'abu-abu' atau masih belum kelihatan. AHM lebih ingin mengetahui respon dari masyarakat terhadap skutik model itu.

"Kita tunggu responsnya pokoknya kita ikut tren pasar sajalah. Karena semua produk yang kita jual berdasarkan hasil survei dan melihat marketnya seperti apa," lugasnya.

Honda Zoomer-X ini mengadopsi konsep desain yang unik dengan tulang-tulang. Skutik ini terlihat telanjang dan tidak dilapisi bodi. Ukuran bannya juga berbeda yakni lebih lebar baik depan maupun belakang.


Honda sebelumnya menegaskan kalau pihaknya tidak ingin buru-buru meluncurkan Zoomer-X ke Indonesia karena sepertinya marketnya kecil. Tapi bukan berarti peluang motor ini masuk ke Indonesia menjadi tertutup rapat.

GM Marketing Planning and Analysis Division Astra Honda Motor (AHM) Agustinus Indraputra mengatakan kalau sampai saat ini AHM masih melakukan terus tahap studi untuk skutik off-road Zoomer-X. Tahap studi itu akan membuktikan seberapa besar Zoomer-X atau skutin off-road di mata konsumen Indonesia.

"Sampai saat ini kita (AHM) masih terus melakukan tahap studi. Kita lihat hasil studinya bagaimana setelah itu kita akan putuskan," tegas Indra.

Indra menambahkan biarkan saja kompetitor itu meluncurkan skutik off-road lebih dulu. Menurut kompetitor mungkin segmen skutik off-road di Indonesia sangat besar.

"Biarkan saja mereka duluan. Kita belakangan lah sekarang. Yang jelas kita masih terus lakukan tahap studi. Pokoknya pasti diluncurkan kok, tunggu saja waktunya," tutup Indra.


Tidak seperti tetangga sebelah yang sudah meluncurkan motor bersegmen offroad, Honda masih pikir-pikir meluncurkan Zoomer-X. Mereka tidak ingin buru-buru.

GM Marketing Planning and Analysis Division AHM Agustinus Indraputra menjelaskan jika Honda hingga kini belum punya rencana membawa pesaing X-Ride ke Indonesia. Apalagi jika melihat pasar skutik offroad di Indonesia sangat kecil.

"Sepertinya kita lihat kecil. Biarin temen kita duluan," tegas Indra kepada detikOto.

Menurutnya, Honda tidak ingin gegabah meluncurkan skutik Zoomer-X ke Indonesia. Dia menambahkan, meski berpenampilan menarik dan kokoh, Honda masih sabar hingga tiba waktu yang tepat untuk meluncurkan skutik model offroad. Honda pun lanjut Indra tengah mempelajari pasar skutik offroad di Tanah Air.

Indra menjelaskan, butuh waktu beberapa bulan ke depan bagi Honda untuk mempelajari market skutik offroad di pasar motor Indonesia.

"Bukan tidak bersedia hanya belum tahu kapan, kita pelajari dulu,"